Pages

Wednesday, March 10, 2010

Batavia Air Jajaki Rute Denpasar-Dili

Maskapai Batavia Air tahun ini berencana untuk membuka rute reguler Denpasar-Dili (Timor Leste) dengan target isian penumpang mencapai 80 persen, menggunakan pesawat Airbus 319.

Juru bicara Batavia Air Eddy Haryanto mengatakan pihaknya optimistis dapat mencapai target karena adanya potensi pasar yang belum tergarap.

"Ada sejumlah rute yang akan buka, domestik maupun ke luar negeri. Yang ke luar negeri rute Denpasar-Dili. Kami yakin load factor bisa mencapai 80 persen. Rencananya terbang ke sana reguler," katanya siang ini.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Tri S. Sunoko menyarankan sebaiknya Batavia Air terlebih dulu melakukan penerbangan sewa ke Dili, karena hingga saat ini belum ada perjanjian penerbangan antara Pemerintah Indonesia dan Timor Leste untuk penerbangan ke kota itu.

"Untuk Dili, belum ada MoU dengan Timor Leste sehingga disarankan untuk charter [sewa]," katanya ketika dihubungi melalui telepon seluler.

Tri memaparkan setiap maskapai dengan izin usaha berjadwal boleh menyewakan pesawatnya, tanpa harus kembali meminta izin usaha charter. "Itu sudah beberapa kali dilakukan oleh maskapai berjadwal. Tidak ada masalah," jelasnya.

Eddy mengatakan Batavia Air juga berencana untuk membuka rute penerbangan domestik, a.l. rute Jakara-Banda Aceh, Jakarta-Solo, dan Jakarta-Timika.

Tri mengatakan rute domestik yang telah disetujui oleh instansinya adalah Jakarta-Solo. "Untuk Banda Aceh dan Timika, belum ada usulan [dari Batavia Air]," ungkap Tri. (bisnis.com)

No comments: