Pages

Thursday, December 19, 2013

Jalur M1 Bandara Soetta Ditutup Mulai 26 Desember

Terhitung mulai Kamis, 26 Desember 2013, akses masuk dan keluar Bandara Soekarno-Hatta melalui jalur M1 atau gerbang belakang bandara resmi ditutup. Arus kendaraan dari dan menuju bandara yang biasa melalui jalur itu pun dialihkan melalui jalur pengalihan yang telah disediakan.

Kebijakan ini merupakan hasil keputusan rapat Badan Koordinasi Lalu Lintas yang melibatkan Otoritas Bandara Wilayah I Jakarta, PT Angkasa Pura II (Persero), Kepolisian, serta Dinas Perhubungan baik di tingkat Provinsi Banten maupun Kota dan Kabupaten Tangerang, termasuk instansi terkait lainnya.

Dengan adanya keputusan tersebut, masyarakat Tangerang pun tidak lagi dapat mengakses jalur yang selama ini menjadi jalur favorit untuk menuju Jakarta tersebut. Seluruh kendaraan menuju Bandara dialihkan melewati Jl. Surya Darma lanjut ke Jl. Perimeter Selatan, kemudian melintasi Jl. Husein Sastra dan masuk melalui Jl. P1 Bandara. Sebaliknya, dari Bandara menuju Tangerang, pengguna jasa bandara diarahkan mengakses Jl. P2 Bandara menuju Jl. Perimeter Utara dan lanjut ke Jl. Surya Darma.

 Diketahui, pengalihan ini dilakukan sehubungan akan dimulainya pembangunan rel dan stasiun Kereta Api Khusus Bandara Soekarno-Hatta oleh PT Kereta Api Indonesia dan PT Angkasa Pura II. KA Bandara merupakan salah satu fasilitas baru yang akan disediakan PT Angkasa Pura II dan menjadi bagian dari program pengembangan kapasitas Bandara Soekarno-Hatta yang tengah berjalan saat ini. KA Bandara ke depan diharapkan menjadi solusi paling ampuh untuk menyingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju bandara maupun sebaliknya.

 Dengan ketepatan waktu dan kepastian jadwal yang dimiliki, KA Bandara Soekarno-Hatta diprediksi akan menjadi transportasi lanjutan yang dapat diandalkan masyarakat pengguna jasa bandara. Saat ini, KA Bandara telah dioperasikan sebagai transportasi penghubung utama Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara. (roda kemudi)

Rute Pengalihan Arus Lalu Lintas Bandara Soekarno - Hatta (sumber: PT Angkasa Pura II)

No comments: