Pages

Wednesday, December 1, 2010

AP II Kucurkan Rp 9,5 Miliar Dana Kemitraan

PT Angkasa Pura II (Persero) kucurkan dana kemitraan sebesar Rp 9,5 miliar kepada enam mitra bianannya di Jakarta, Rabu (1/12). Direktur Keuangan PT AP II Laurensius Manurung mengatakan hal ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan sebagai Badan Usaha Milik Negara kepada lingkungan yang berada di wilayah kerja perseroan.

”Keenam mitra ini adalah Perusahaan Modal Ventura Daerah (PMVD) yang menjadi mitra binaan perseroan untuk program tahun 2010,” jelas Manurung.

Dia menjelaskan, penyaluran dana ini merupakan tindak lanjut perjanjian kerjasama perseroan dengan PT Bahana Artha Ventura yang telah dibangun pada 2009. Di mana pada masa itu, PT AP II menyalurkan total dana sebesar Rp 5 miliar. Sebesar Rp 2 miliar disalurkan perusahaan melalui PMVD Jabar, sedangkan Rp 3 miliar sisanya dan melalui PMVD.

”Untuk tahun ini, ada enam mitra yang kami berikan bantuan, dengan total dana sebesar Rp 9,5 miliar yang penyalurannya di bawah koordinasi PT Bahana Artha Ventura,” imbuh Manurung.

Keenam PMVD itu adalah PT Sarana Sumut Ventura yang mendapatkan dana sebesar Rp 2 miliar, PT Sarana Sumsel Ventura (Rp 1 miliar), PT  Sarana Lampung Ventura (Rp 1 miliar), PT Sarana Jambi Ventura (Rp 2 miliar), PT Sarana Kalbar Ventura (Rp 2 miliar), dan PT Sarana Jabar Ventura sebesar (Rp 1,5 miliar).

Manurung menjelaskan, perseroan cukup ketat dalam memproses pemilihan calon mitra binaan. Hal tersebut agar perseroan mendapatkan mitra yang benar-benar tepat dan layak dengan menaati proses collecting dan reporting  agar  ditaati sehingga tepat waktu maupun tepat jumlah.

Sejak 1991 hingga November 2010, PT AP II telah menyerahkan bantuan kepada sedikitnya 12.909 mitra binaan, dengan total dana yang disalurkan senilai  Rp. 174 miliar. Sementara dari Program Bina Lingkungan yang dilakukan sejak 2002 sampai dengan November 2010, perseroan telah mengucurkan dana senilai Rp. 44 miliar yang diperuntukkan bagi kegiatan sosial.

”Antara lain untuk penanganan korban bencana alam, pendidikan dan pelatihan, pengembangan sarana dan prasarana umum, sarana ibadah, peningkatan kesehatan, hingga pelestarian alam,” ujarnya. Dalam waktu dekat ini, lanjutnya, AP II telah memprogramkan pengadaan 12.000 pohon buah di Kota dan Kabupaten Tangerang, 2 unit ambulance di Medan, pembangunan paviliun Soka RSUD Tangerang dan pengembangan sarana umum lain. (roda kemudi)

No comments: