Pages

Friday, May 4, 2012

ACI: Bandara Soekarno-Hatta Aman dan Laik Operasi


Pendaratan Perdana Airbus A380 di Soekarno Hatta
Airport Council International (ACI) telah menyelesaikan observasinya untuk mengukur tingkat keselamatan Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Hasil dari kegiatan yang berlangsung sejak 23 April hingga 3 Mei 2012 tersebut menyatakan bahwa status Bandara Soekarno-Hatta ”Clearly Safe Operate”, alias aman dan laik operasi. 

Pernyataan tersebut disampaikan oleh John Pottinger Manager Safety and Operations Airport Council Internasional (ACI) yang juga merupakan team leader dalam program Airport Excellence (APEX) in Safety tersebut. Secara umum, imbuh Pottinger, meski tengah mengalami kekurangan kapasitas akibat peningkatan jumlah pergerakan penumpang dan menjadi salah satu bandara tersibuk di dunia, tidak ada yang perlu dikhawatirkan terhadap tingkat keselamatan di Bandara Soekarno-Hatta. ”Semua prosedur keselamatan penerbangan berjalan dengan baik,” ujarnya.

Dalam observasi selama kurun waktu 10 hari tersebut, ACI menurunkan sebanyak 11 orang pakarnya yang berasal dari lima negara, yakni Kanada, Hongkong, Korea Selatan, Afrika Selatan, dan India. Tim yang dikomandoi langsung oleh John Pottinger tersebut menitikberatkan observasi pada kondisi landasan pacu (runway), taxiway, apron, serta wilayah di sekitar terminal.

Dijelaskan Pottinger, dalam daftar ACI, Soekarno-Hatta saat ini menempati peringkat 11 bandara tersibuk di dunia dengan jumlah pergerakan penumpang mencapai 51,5 juta pergerakan. Jika dibandingkan dengan pergerakan pada tahun 2010 yang mencapai 43,6 juta, terjadi pertumbuhan sebesar 19 persen pada 2011. Kemudian jika dibandingkan dengan bandara-bandara lainnya, jumlah pertumbuhan di Soekarno-Hatta tersebut menempati urutan teratas.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko mengatakan, hasil observasi yang dilakukan oleh para tim ahli ACI tersebut semakin menambah keyakinan PT Angkasa Pura II dalam mengelola bandara terbesar di Indonesia tersebut. ”Hasil ACI ini menjadi pimicu semangat kami untuk terus melakukan improvement terhadap safety. Karena komitmen Angkasa Pura II sebagai operator bandara selalu memprioritaskan keselamatan penerbangan dan keselamatan penumpang,” jelasnya. (roda kemudi)

No comments: