Pages

Friday, September 17, 2010

Listrik Padam Lagi di Soetta, Pelayanan Tetap Normal

Pasokan listrik di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Cengkareng, Banten, kembali terkena masalah. Jumat (17/9), sekitar pukul 12.30 WIB, arus listrik di bandara tersibuk se-Indonesia itu kembali mengalami masalah. Kendati demikian, tidak ada gangguan signifikan terhadap fasilitas bandara maupun jadwal penerbangan, seperti yang terjadi pada 6 Agustus 2010 lalu.

”Peristiwa hari ini berbeda dengan yang waktu itu. Tidak ada gangguan terhadap konter-konter check in maupun pelayanan lainnya di bandara. Penerbangan juga masih tetap normal, tidak ada masalah yang muncul karena terimbas kejadian ini,” jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti S Gumay saat dikonfirmasi.

Menurut Dirjen Herry, hingga saat ini penyebab padamnya listrik untuk kali kedua tersebut masih dalam penelusuran. ”Kita belum ketahui penyebabnya apa. Saya masih menunggu laporan dari PT Angkasa Pura II. Tapi yang jelas, kondisi saat ini tidak seperti waktu itu,” tegasnya, seraya berharap kejadian ini menjadi kali terakhir.

Pada Jumat, 6 Agustus 2010 lalu, kali pertama listrik di bandara mengalami masalah. Kedipan selama 1,7 detik yang terjadi saat itu sempat membuat sejumlah pelayanan penumpang dan jadwal penerbangan terganggu. Menindaklanjuti kondisi tersebut, PT AP II dan PT PLN bersinergi untuk mengelola pasokan listrik di Bandara Soetta.

Terpisah, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S Sunoko menjelaskan, gangguan aliran listrik di bandara yang dikelolanya terganggu sejak pukul 12.30 hingga 13.42 WIB. Namun, jelasnya, berkat sistem pendukung (back up) yang berfungsi dengan baik, pergerakan penumpang dan lalu lintas udara  tetap beroperasi normal.

”Penyebab gangguan sedang diatasi tim gabungan PLN dan AP2 yang sedang melakukan tugas bersama sejak awal pelaksanaan angkutan lebaran juga untuk tahap-tahap selanjutnya. Insya Allah, secepatnya kita akan perbaiki agar tidak ada lagi gangguan,” jelasnya.

Juru Bicara PT AP II Andang Santoso menambahkan, gangguan pasokan listrik yang terjadi di Bandara Soetta tidak sempat menyentuh fasilitas utama seperti konter pelayanan check in di area penumpang, maupun yang terkait dengan keamanan dan keselamatan penerbangan. ”Hanya listrik untuk penerangan umum. Tetapi masalah cepat terlesaikan dengan pasokan cadangan dari genset. Saat ini petugas dari PLN sedang menelusuri penyebab gangguan itu. Yang jelas, semua pelayanan tetap lancar,” jelasnya. (dephub.go.id)

No comments: