PT Kereta Api (KA) meluncurkan empat rangkaian KA tambahan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang Lebaran tahun ini yang tiketnya akan dijual mulai besok.
Direktur Komersial PT Kereta Api Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan KA tambahan itu meliputi KA Kamandanu, Argo Lawu I, Argo Lawu II dan Gajayana. "Tiket KA tambahan Lebaran itu kami jual mulai Kamis [27 Agustus]," katanya.
Dia memaparkan KA Kamandanu Lebaran rute Gambir-Semarang Tawang akan dijalankan 17-20 September dengan keberangkatan dari Gambir pukul 18.55. KA Argo Lawu Lebaran I rute Gambir-Solobalapan berangkat dari Gambir pukul 09.45 yang dijalankan 16-20 September.
KA Argo Lawu Lebaran II relasi Gambir-Solobalapan berangkat dari Gambir pukul 21.00 yang dijalankan 15-20 September dan KA Gajayana Lebaran relasi Gambir-Malang berangkat dari Gambir pukul 14.50 yang dijalankan 11-20 September.
Wimbo menjelaskan periode angkutan Lebaran tahun ini berlangsung selama 22 hari pada 11 September -- 2 Oktober dengan prediksi total penumpang 3.256.036 orang atau naik 5% dibandingkan tahun lalu.
Dia menjelaskan pihaknya akan melakukan perbaikan kualitas pelayanan yang diberikan pada keberangkatan angkutan Lebaran tahun ini dengan menambah petugas kebersihan. Bila setiap kereta kelas ekonomi yang membawa 10 kereta dilayani oleh satu petugas kebersihan, maka untuk tahun ini pada setiap dua gerbong dilayani oleh satu petugas.
"Pada kereta kelas bisnis, eksekutif, dan ekonomi kami sediakan satu petugas pada setiap dua kereta," tegas dia.
Vice President Public Relations PT Kereta Api Adi Suryamini menambahkan kapasitas tempat duduk untuk KA kelas eksekutif dan KA bisnis dari Jakarta ke berbagai kota di Pulau Jawa berjumlah 18.182 kursi per hari, sedangkan kelas ekonomi berjumlah 16.760 kursi.
Pemesanan tiket melalui call center beroperasi Senin-Minggu pukul 06.00-20.00. Kedepan pihaknya merencanakan call center beroperasi 24 jam setiap hari melalui nomor 021-6916060 dan 121 untuk panggilan dari telepon rumah, para penumpang akan mendapat kode booking baik untuk kereta kelas eksekutif/argo dan bisnis.
"Penumpang juga dapat melakukan pembayaran melalui ATM BRI, BII, dan Mandiri yang maksimal dilakukan 3 jam setelah mendapat kode booking. Resi pembayaran itu nantinya ditukarkan ke loket penjualan di stasiun yang sudah online," papar Adi.
Di Pulau Jawa dan Sumatera sudah terdapat 145 stasiun yang sudah online yang setiap tempatnya terdapat beberapa loket. Di samping itu, terdapat 83 agen perjalanan dengan 18 di antaranya berada di wilayah Jakarta. (roda kemudi)
MENGGALI PENDAPATAN TAMBAHAN UNTUK PEMBANGUNAN MRT
11 years ago
No comments:
Post a Comment