Pages

Thursday, December 25, 2008

Penumpang LN Diprediksi Naik 7,5 Persen

Departemen Perhubungan mengeluarkan izin penerbangan tambahan sebanyak 48.620 kursi untuk lima maskapai penerbangan asing dan domestik selama masa liburan Natal dan tahun baru.

Dirjen Perhubungan Udara Dephub Budhi M. Suyitno mengatakan kelima maskapai penerbangan itu, yakni Silk Air, Qantas Airways, China Airlines, Cathay Pacific (Hong Kong Express), dan Garuda Indonesia.

"Extra flight luar negeri mendapat tambahan 92 frekuensi penerbangan dengan kapasitas 48.620 kursi, terutama ke negara-negara Anggota Asean, Australia, Hong Kong, dan China," ujarnya.

Dia menjelaskan permintaan penerbangan tambahan rute luar negeri diajukan oleh maskapai asing yang negaranya telah memiliki hubungan udara dengan Indonesia.

Budhi mengungkapkan pihaknya memberikan izin penerbangan tambahan kepada Cathay Pacific yang direalisasikan oleh maskapai Hong Kong Express. "Hong Kong Express kami izinkan terbang ke Denpasar," ujarnya.

Dia memperkirakan jumlah penumpang luar negeri selama masa liburan Natal dan tahun baru mencapai 272.272 orang atau naik 7,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebanyak 253.276 orang. "Dibandingkan dengan hari biasa atau saat low season [sepi penumpang] hanya naik 5,82 persen," ungkapnya.

Budhi juga memprediksikan sembilan rute luar negeri akan mengalami peningkatan penumpang selama liburan Natal dan tahun baru. Rute itu yakni Jakarta-Singapura, Jakarta-Kuala Lumpur, Jakarta-Hong Kong, Medan-Penang, Medan-Kuala Lumpur, Denpasar Singapura, Denpasar-Kuala Lumpur, Surabaya-Singapura dan Surabaya-Kuala Lumpur. "Kami akan memantau empat bandara untuk pelayanan penerbangan luar negeri, yaitu Jakarta, Surabaya, Medan, dan Denpasar," ungkap Budhi.

Meningkat 10 persen

Dia memastikan kapasitas angkutan udara luar negeri selama Natal dan tahun baru mencukupi dengan total 956.650 kursi atau naik 10 persen setelah lima maskapai asing dan nasional menambah penerbangan. "Artinya, kapasitas tempat duduk penerbangan luar negeri tidak ada kendala," kata Budhi.

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Dephub Tri S. Sunoko menambahkan empat maskapai asing dan satu maskapai nasional menambah frekuensi ke tiga kota tujuan, yakni Denpasar, Surabaya, dan Jakarta. "Maskapai asing dan nasional mengajukan extra flight di tiga kota itu," kata Tri.

Dia memaparkan Silk Air mendapatkan izin penerbangan tambahan rute Singapura-Surabaya pergi-pulang dengan kapasitas 1.080 kursi yang akan diterbangi pada 3, 4, dan 27 Januari 2009.

Qantas mengajukan penerbangan Sydney-Jakarta pergi-pulang dengan total tambahan 448 kursi yang akan diterbangi pada 3 Januari 2009, sedangkan Cathay Pacific mendapatkan izin penerbangan tambahan di rute Hong Kong-Jakarta sebanyak 1.244 kursi.

Sementara itu, khusus China Airlines diwajibkan kerja sama operasi atau code sharing dengan Garuda untuk merealisasikan penerbangan tambahan Taoyuan (Taiwan)-Denpasar dan Taoyuan-Jakarta.

China Airlines mengajukan tambahan terbanyak untuk penerbangan luar negeri dari maskapai asing selama periode Natal dan tahun baru. "Garuda juga mengajukan penerbangan tambahan ke Hong Kong dan Singapura dengan total 16.266 kursi penerbangan," tutur Tri. (bisnis)

No comments: