Pages

Saturday, December 13, 2008

Harga Avtur Dievaluasi Dua Minggu Sekali

Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal menyatakan, Pertamina menyetujui untuk mengevaluasi evaluasi harga BBM jenis avtur dilakukan tiap dua minggu sekali.
"Saya mendapatkan laporan dari INACA sudah ada kesepakatan untuk menetapkan harga avtur tiap dua minggu sekali seperti permintaan," katanya di Jakarta, Jumat (12/12).

Menhub menyatakan persetujuan itu merupakan hasil pertemuan Indonesia National Air Carriers Association (INACA) dengan Pertamina pada 11 Desember malam. Selama ini, Pertamina mengevaluasi harga avtur tiap satu bulan sekali.

Dengan persetujuan itu berarti Pertamina merespons imbauan dari Dephub. Jusman mengharapkan jika revisi sebanyak dua kali sebulan tersebut dapat direalisasikan akan membuat harga tiket secara keseluruhan lebih murah karena salah satu komponen tarif yakni fuel surcharge semakin murah. "Fuel surcharge akan turun," tegasnya.

Harga avtur Pertamina di depot pengisian pesawat udara (DPPU) Bandara Soekarno-Hatta telah diturunkan secara periodik setiap bulan. Pada 1 September, misalnya, Pertamina menurunkan harga avtur rata-rata 15% di seluruh DPPU Pertamina.

Pada Oktober 2008, harga avtur ditambah PPN di DPPU Bandara Soekarno-Hatta sebesar Rp9.042 per liter, sedangkan pada November harganya diturunkan lagi menjadi Rp7.623 per liter. Per 1 Desember harga avtur ditambah PPN di DPPU Bandara Soekarno-Hatta dijual Rp7.282 per liter. (roda-kemudi)

No comments: