Pages

Wednesday, May 19, 2010

Thome Group Buka Kantor Cabang di Jakarta

Thome Group, perusahaan manajemen perkapalan asal Singapura membuka kantor perwakilannya di Jakarta.Langkah ini merupakan respons perusahaan tersebut yang melihat pertumbuhan signifikan dan besarnya peluang pangsa di Indonesia

Olav Thorstensen, Chairman & Group CEO Thome menjelaskan keputusan perusahaannya untuk membuka kantor cabang di Indonesia tidak lain karena tingginya kebutuhan kapal di Indonesia. "Industri migas dan logistik tumbuh pesat di Indonesia. Potensi itulah yang coba kami ambil," kata Olav, Rabu (19/5).

Karena hanya berperan sebagai perusahaan manajemen perkapalan, Thome menurutnya tidak menanamkan modal besar untuk menandai beroperasinya kantor perwakilan di Indonesia.Perusahaan manajemen perkapalan menurutnya merupakan pihak ketiga yang mempertemukan antara perusahaan pemilik kapal dengan perusahaan yang membutuhkan jasa.

"Investasi kami tidak besar, karena kami hanya melayani jasa manajemen kapal. Kami tidak buka perusahaan atau terlibat dalam kontrak antara perusahaan yang kami urus dengan mitranya," tambahnya

Setelah membuka kantor cabang, rencana Thome Group selanjutnya adalah membentuk Timur Ship Management di Indonesia, bekerja sama dengan perusahaan lokal. Timur Ship Management merupakan perusahaan yang khusus memanajemen kapal-kapal milik WNI.

Claes Eek Thorstensen, Presiden Thome Offshore Management Pte Ltd mencontohkan salah satu proyek migas yang mendapat sokongan jasa manajemen kapal dari perusahaannya adalah proyek gas lepas pantai di laut dalam Makassar. Menurut Claes, Blok di Selat Makassar itu dimiliki oleh BP Indonesia, ExxonMobil dan StatOil.

"Kami gunakan pola one stop service. Mulai dari manajemen kapal hingga perekrutan pelaut akan kami lakukan. Untuk di Indonesia, kami akan gunakan 100 persen pelaut domestik. Kami akan lakukan training-training terhadap pelaut Indonesia yang akan kami rekrut. Kami juga berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan azas cabotage di Indonesia," ujarnya. (roda kemudi)

1 comment:

Anonymous said...

selamat malam... saya mau tanya, saya dulu bekas kru thome. pertanyaanny apakah saya bisa kembali bergabung di dlm perusahaan Thome. krna saat dulu perusahaan thome bekerjasama dngn kantor OCEANINDO. sedangkan saya masih di bawah naungan ocean indo... itu saja pertanyaan saya.
terimakasih