Pages

Friday, October 30, 2009

Ban Garuda Copot di Udara Saat Lepas Landas

Pesawat Garuda Indonesia GA 142 tujuan Jakarta-Banda Aceh terpaksa melakukan pendaratan darurat karena salah satu bannya terlepas di uadara, sesaat setelah melakukan lepas landas (take off) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Jumat (30/10).


Juru Bicara Garuda Pujobroto saat dikonfirmasi menjelaskan, roda pesawat jenis Boeing 737-300 registrasi PK-GGQ yang lepas itu adalah roda sebelah kiri bagian dalam (main wheel No.2). Pesawat yang dipiloti Kapten Jhonny Siregar itu lepas landas pukul 08.14 WIB dengan membawa 49 orang penumpang, 45 orang di kelas ekonomi dan empat penumpang kelas bisnis.

”Lepasnya ban dirasakan oleh Kapten Jhonny Siregar. Sesuai standar prosedur keselamatan penerbangan, pilot memutuskan untuk RTB (return to base) atau terbang kembali ke bandara asal,” Pujobroto menambahkan.

Sebelum mendarat kembali ke bandara asal, pilot terlebih dahulu membawa pesawat untuk berputar-putar di udara selama sekitar satu jam. Hal itu dilakukan untuk mengurangi jumlah bahan bakar agar bobot maksimal pesawat saat mendarat (maximum landing weight) terpenuhi.

Pujo menambahkan, tidak ada korban akibat insiden ini. ”Pesawat landing dengan lancar pukul 09.35 WIB. Seluruh penumpang sudah kami alihkan dengan pesawat pengganti. Mereka terbang pukul 11.00 WIB ke Aceh,” sambung Pujobroto.

Pesawat pengganti yang digunakan Garuda untuk mengangkut penumpang menuju Serambi Mekkah itu adalah Boeing 737-500 registrasi PK-GGA dengan nomor penerbangan yang sama. (roda kemudi)

No comments: