Pages

Wednesday, April 8, 2009

Penumpang Membludak, PT KA Perpanjang Rangkaian

Menyikapi membludaknya jumlah penumpang jelang liburan panjang pemilihan umum, PT Kereta Api (KA) menambah jumlah rangkaian kereta untuk setiap perjalanan. Selain itu, PT KA juga menyediakan KA tambahan berkapasitas 400 tempat duduk untuk jurusan tertentu.

Kepala Humas PT KA Daerah Operasi I Jabotabek Akhmad Sujadi menjelaskan, jumlah penumpang yang tercatat naik di seluruh stasiun pemberangkatan pada Rabu (8/4), meningkat hingga 36 ribu orang. Sementara pada hari biasa, kisaran jumlah penumpang antara 27 ribu hingga 28 ribu orang per hari.

”Untuk mengantisipasi kekurangan tempat duduk, kami sengaja memperpanjang rangkaian dari rata-rata 6 rangkaian menjadi 10 rangkaian kereta per perjalanan,” ujar Sujadi di Jakarta, Rabu petang.

”Selain itu, kami juga menyediakan 1 tambahan KA Argolawu tujuan Solo berkapasitas 400 seats hari ini yang akan diberangkatkan malam ini,” imbuhnya.

Meski terjadi peningkatan jumlah penumpang yang cukup signifikan, menurut Sujadi, tidak terjadi antrean panjang penumpang di stasiun-stasiun pemberangkatan. Hal itu karena sebagian besar penumpang memilih untuk memesan tiket secara online sejak beberapa hari sebelum jadwal keberangkatan. ”Jadi, tiba di stasiun mereka langsung naik ke kereta,” ujarnya.

Sujadi menambahkan, pihaknya juga memfasilitasi pembelian tiket secara langsung bagi penumpang go show (datang langsung berangkat, Red) di setiap stasiun pemberangkatan. ”Untuk masing-masing perjalanan, kami sediakan 50 tempat duduk kosong untuk semua jurusan dan kelas yang tiketnya bisa langsung dibeli di stasiun. Calon penumpang bisa membelinya tiga jam sebelum kereta berangkat,” pungkasnya. (roda kemudi)

No comments: