Pages

Tuesday, August 3, 2010

Antonov Jatuh Saat Mendarat, 15 Tewas

Sebuah pesawat penumpang Antonov 24 milik maskapai penerbangan berjadwal Rusia, Katekavia, jatuh saat hendak melakukan pendaratan ke Bandara Internasioanl Igarka (IAA), Siberia Timur, Rusia, Senin (2/8), pukul 21.40 waktu Moskow. Juru bicara Kementerian Darurat Rusia, seperti dikutip kantor berita Rusia, RIA Novosti melaporkan, 15 penumpang termasuk anak-anak dan awak kabin yang berada di dalam pesawat itu tewas.

Kecelakaan itu terjadi setelah sekitar tiga jam sepuluh menit pesawat bermesin ganda itu lepas landas dari Bandara Krasnoyarsk (KJA) menuju Igarka. Lokasi jatuhnya pesawat dengan nomor penerbangan KTK-57 tersebut hanya 700 meter dari Bandara Igarka.

Sebagaimana dilaporkan, kecepatan angin saat kecelakaan terjadi adalah 170 derajat di 2 m/detik dengan jarak pandang (visibilitas) sejauh 1500 meter pada ketinggian 600  kaki, dan Suhu 15 °C. Hingga informasi ini diturunkan, belum diperoleh informasi tentang penyebab pasti terjadinya kecelakaan tersebut. Namun, otoritas transportasi setempat mengatakan, pesawat mendarat dalam kondisi cuaca buruk. Sebelum mendarat, pesawat berbelok ke kanan dan menabrak tanah di depan landasan pacu.

Antonov An-24  adalah pesawat berjenis turboprop (bermesin baling-baling ganda) yang didesain untuk penerbangan singkat dan menengah. Pesawat ini hasil kreasi Biro Desain Yakovlev, dan mulai diproduksi pada 1959. Antonov memiliki kemampuan jelajah pada dataran tinggi dan berbagai suhu, serta mampu mendarat pada lapangan udara berukuran kecil.

Berdasarkan catatan, kecelakaan fatal terakhir Antonov 24 (Pamir Airways) terjadi 78 hari silam, tepatnya pada 17 Mei 2010. Dalam kecelakaan itu, sebanyak 44 penumpang meninggal dunia. Jika ditotal, dari sejumlah kecelakaan pesawat terburuk, 51 kasus di antaranya melibatkan Antonov 24. Prosentase rata-rata tingkat keselamatan penumpang dari seluruh kecelakaan yang melibatkan pesawat jenis ini hanya 16,3 persen. Jumlah itu dihitung dari seluruh penumpang yang selamat dari kecelakaan fatal. (roda kemudi)

No comments: