Pages

Monday, August 23, 2010

Pelindo II Naikkan Tarif Masuk Pelabuhan Tanjung Priok

PT Pelabuhan Indonesia II menaikkan tarif tanda masuk atau pas untuk orang dan kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok. Tarif baru ini akan diberlakukan mulai 25 Agustus 2010, menggantikan tarif lama yang belum berubah sejak 2002 silam.

Asisten Manager Pelayanan Pelanggan & Humas Pelabuhan Tanjung Priok Hambar Wiyadi mengatakan, penyesuaian dilakukan pihaknya karena tarif yang lama dinilai sudah tidak seimbang lagi dengan adanya peningkatan biaya operasional pelabuhan. ”Biaya perawatan fasilitas penunjang pelayanan juga meninggkat, dipicu dengan kenaikan harga kebutuhan pokok, bahan bakar dan tarif dasar listrik disamping tingginya kebutuhan dana untuk investasi,” paparnya, Senin (23/8).

Tarif tersebut, jelasnya, meliputi tarif untuk pas tetap maupun harian. Untuk pas harian trailer dan sejenisnya naik dua kali lipat dari Rp. 5.000 menjadi Rp. 10.000 per satu kali masuk. Sedanngkan pas harian mobil sedan dan sejenisnya, naik dari  Rp. 3.000 menjadi Rp. 5.000 per sekali masuk, dan pas harian sepeda motor dari Rp. 2.000 menjadi Rp. 3.000.

Sementara untuk tarif orang di Lini I dari Rp. 2.000 menjadi Rp. 3.000 per sekali masuk,  orang  di Lini II Rp. 1.500 menjadi Rp. 2.500; Pas Orang Kapal Rp. 2.500 menjadi Rp. 4.000; Pas Pengantar/Penjemput Rp. 2.000 menjadi Rp. 3.000-.

Sedangkan Pas Tetap Mobil dari Rp. 720.000 menjadi Rp. 1.2 juta; sepeda motor Rp. 480.000 menjadi Rp. 720.000; Pas Orang Lini I Rp. 480.000 menjadi Rp. 720.000; Pas Orang Lini II Rp. 360.000 menjadi Rp. 600.000; Pas Orang Kapal Rp. 600.000,- menjadi Rp. 960.000.

”Besaran penyesuaian tarif ini didasarkan atas kesepakatan bersama Pelindo II cabang Pelabuhan Tanjung Priok dengan para pengguna jasa kepelabuhanan yang terdiri dari DPU Organda Angsuspel Tanjung Priok, BPD GINSI (Gabungan Importir Seluruh Indonesia) Propinsi DKI Jakarta, DPD GPEI (Gabungan Pengusaha Eksportir Indonesia) Propinsi DKI Jakarta dan DPW. Gafeksi/INFA Propinsi DKI Jakarta. Kita harapkan, penyesuaian ini mampu memberikan peningkatan kualitas pelayanan yang optimal bagi pengguna jasa kepelabuhaan secara keseluruhan,” imbuh Hambar. Roda Kemudi

No comments: