Pages

Tuesday, March 24, 2009

Pesawat Batavia Bermasalah Terbang Lagi

Pesawat Batavia Air jenis Airbus A320 yang batal terbang pagi ini akibat mengalami kebocoran pada tanki avtur sudah kembali diterbangkan. Pesawat dengan register PK-YVG ini terbang dari Jakarta dengan tujuan Medan.

"Karena sudah dinyatakan laik terbang kembali,” kata juru bicara Batavia Air Eddy Haryanto, Selasa (24/3) petang. Namun, ia menyatakan tidak tahu pasti jadwal penerbangan menuju Medan tersebut.

Eddy hanya menyebutkan keputusan laik itu keluar setelah pesawat selesai diperbaiki. Perbaikan pun bisa dilakukan cepat karena permasalahan terjadi hanya pada sistem fuel transfer. “Yang mengijinkan terbang kembali adalah pihak teknik,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Selasa (24/3) pukul 08.35, pesawat Airbus A320 ini mengalami batal terbang dari Jakarta menuju Manado. Pesawat yang saat itu memiliki nomor penerbangan E7P 636 mengalami kebocoran avtur saat akan lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.

Insiden terjadi ketika pesawat didorong ke belakang (push back). Tahap ini biasa dilakukan sebelum pesawat masuk landasan pacu untuk bersiap terbang.

Akibatnya, sebanyak 159 penumpang yang dijadwalkan terbang ke Manado pada pukul 08.45 WIB dibatalkan. Selanjutnya, para penumpang dialihkan ke pesawat jenis Boeing 737-400 pengganti yang berangkat ke Manado sekitar pukul 10.20 WIB. (roda kemudi)

No comments: