Pages

Monday, March 23, 2009

Pesawat MD-11 FedEx Meledak di Jepang

Pesawat milik perusahaan angkutan Federal Express Corp mengalami kecelakaan dan terbakar saat mendarat di bandar udara internasional Narita, Senin, sehingga satu landasan pacu di bandara sibuk Tokyo itu ditutup.

Media milik NHK seperti dikutip Reuters menayangkan video mengenai kecelakaan dan ledakan pesawat tersebut. Informasi terakhir menyebutkan, mengatakan pilot dan kopilot pesawat nahas itu tewas setelah sempat dilarikan ke rumah sakit.

Juru Bicara Bandar Udara Narita mengatakan, salah satu dari dua landasan pacu di bandara tersebut ditutup. Tapi, dia tak dapat mengatakan apakah penerbangan pesawat penumpang akan terpengaruh.

Narita adalah bandar udara internasional utama bagi ibukota Jepang dan NHK menyatakan pesawat itu mengalami kecelakaan di landasan pacu utama yang panjang.

Pesawat yang terbang dari Guangzhou, Cina, ini terempas ke landas pacu. Pesawat lalu terbakar, sementara mobil-mobil petugas kebakaran dan medis mengelilingi pesawat.

Dua awak pesawat, pilot dan kopilot, dievakuasi dari kokpit dan dilarikan ke rumah sakit terdekat. Juru bicara Kepolisian, Yoshino Ichihara, mengatakan keduanya, yakni pilot Kevin Kylemosley (54 th) dan kopilot Anthony Stephen-Pino (49 th), tewas di rumah sakit terdekat.

Pesawat terhempas ke landasan terpanjang dari dua landas pacu Narita. Siaran berita lokal menyebutkan pesawat tersebut berjenis MD-11. Bandara langsung ditutup dan seluruh penerbangan yang datang dialihkan. Bangkai pesawat masih mengeluarkan asap beberapa jam setelah kecelakaan.

Rekaman televisi menunjukkan pesawat memantul dan terbakar usai pengereman keras untuk menghentikan laju pesawat.

Angin kencang dan turbulensi juga menyebabkan kecelakaan baru-baru ini di bandara tersebut. Bulan lalu, pesawat dari Filipina terguncang oleh turbulensi hebat saat mengitari bandara untuk mendarat. Sebanyak 50 orang cedera, penumpang dan awak pesawat, dalam insiden ini. Bandara Narita merupakan bendara kedua tersibuk di jepang setelah Haneda yang juga terletak di Tokyo.

Rekaman video NHK memperlihatkan pesawat tersebut mendarat dengan keras dan goyah serta terbakar. Pesawat itu akhirnya terbalik di salah satu sisi landasan pacu sementara petugas pemadam menyemprotkan busa ke pecahan badan pesawat --yang rodanya berada di atas.

Kantor berita Jepang, Kyodo, melaporkan bahwa pesawat tersebut adalah pesawat MD-11, pesawat barang buatan McDonnell Douglas, bagian dari Boeing Co (BA.N). Para pejabat FedEx di Jepang belum dapat dimintai komentar terkait peristiwa ini. (AP/Reuters/roda kemudi)

No comments: