Pages

Thursday, March 18, 2010

Mandala Kantongi Sertifikat IOSA

PT Mandala Airlines mengantongi sertifikat keselamatan penerbangan IATA Operational Safety Audit (IOSA) dari International Air Transport Association (IATA).

IOSA adalah akreditasi keselamatan penerbangan yang diakui secara internasional bagi maskapai yang dinilai memenuhi standar keselamatan penerbangan global.

Menurut Presiden Direktur Mandala Diono Nurjadin, maskapai nya menjadi perusahaan penerbangan swasta pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikat tersebut.

"Sertifikat IOSA yang diberikan tahun ini, dan pencabutan larangan terbang ke Uni Eropa pada Juli 2009 lalu menunjukkan bahwa keselamatan penerbangan Mandala diakui dunia internasional," kata Diono, Kamis (18/3).

Sertifikasi IOSA dirancang IATA sebagai standar acuan melakukan evaluasi kepatuhan maskapai penerbangan dalam memenuhi kualitas dan standar keselamatan penerbangan.

Chief Operations Officer (COO) Mandala Stephen Wilks menambahkan, Mandala harus melalui serangkaian audit di bidang standar operasional, proses pengawasan dan sistem keselamatan.

"Analisa yang dilakukan auditor internasional independen dengan memeriksa lebih dari 900 standar operasional. Untuk mendapatkan sertifikat itu, maskapai harus memenuhi semua persyaratan IATA," katanya.

Diono menandaskan, keputusan Mandala untuk menggunakan pesawat Airbus telah mendukung maskapainya untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut. Karena setiap pesawat Airbus memiliki kualitas standar keselamatan dan sistem yang diperlukan untuk memenuhi syarat IOSA dan kriteria keselamatan Uni Eropa.(kontan)

No comments: